Adas

Adas (Foeniculum vulgare Mill)

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Buahnya memiliki rasa manis, pedas, berbau aromatik, dan bersifat menghangatkan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam adas, di antaranya minyak asiri 0,3-6%, anethol 50-60%, fanchom, metil chavicol, dan anis keton. Selain itu, adas juga mengandung senyawa kimia, seperti kamfena, limonena, 1,8 sineol, arginin,P-sitosterol, dianethole, rutin, dan stigmasterol.

adas

Efek farmakologis yang dimiliki oleh adas, di antaranya menambah daya tahan tubuh, obat flu, anti-kholinesterase, mengatasi ejakulasi dini, merangsang ereksi, anastesi, merangsang keringat, penguat hepar, serta perangsang saraf pusat, mencegah kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, melemahkan potensi sperma, merangsang pengeluaran hormon estrogen, penambah semangat, dan vitalitas.

Adas juga berperan dalam menghambat pengeluaran enzim aldose-reduktase, fosfodiesterase, dan lipoksiginase. Selain itu, adas dapat memperlambat penuaan, merangsang tejadinya ovulasi, dan melindungi hati dari segala gangguan dan racun (antihepatotoksik). Stigmasterol pada buah adas dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan hormon steroid atau obat KB. Adas juga sering digunakan sebagai penyempurna atau pengharum rasa obat (corrigens) dan pengawet alami bahan makanan tanpa efek samping.

Khasiat

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya Bagian akar, daun, dan buah adas dapat digunakan untuk pengobatan penyakit serta bahan campuran obat supaya khasiatnya lebih lengkap. Adas dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

1. Batu empedu

Cuci 5 g buah adas kering, seduh dengan 1 gelas air, lalu dinginkan. Minum sekaligus 1 gelas sehari.

2. Pencegah dan penyembuh impoten

Campur 10 g adas, 25 g pulosari, 10 g bawang putih, 25 g merica, dan 25 g kunyit menjadi satu. Tumbuk halus bahan-bahan tersebut lalu tambahkan air panas secukupnya sehingga membentuk larutan. Tambahkan satu sendok makan madu murni, dua butir kuning telur ayam kampung, lalu aduk sampai rata. Minum larutan 2-3 jam setelah makan malam dan lakukan satu kali sehari selama satu bulan.

3. Pencegahan terhadap tumor dan kanker

Cuci bersih 5 g buah adas, 100 g akar alang-alang, dan 1-2 batang benalu teh (Loranthus sp.). Rebus semua bahan dengan 2 gelas sampai tersisa 1 gelas lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari masing-masing gelas.

4. Sariawan

Cuci bersih 15 g buah adas dan 15 g kulit kayu manis yang telah ditumbuk halus. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air. Masukkan ke dalamnya 10 g kunyit yang telah diiris tipis-tipis Setelah tersisa 2 gelas air, dinginkan, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas. Ulangi pengobatan secara rutin selama 7 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *