Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Anggrung

Anggrung (Trerna orientalis BI)

Anggrung
Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Disebut juga bengkire (Aceh), bongkoreyon (Batak), mangkiroi (Minangkabau), anggrung (Jawa), don kuroy (Sunda). Sifat tumbuhan anggrung belum diketahui, tetapi beberapa bahan kimia yang terkandung dalam anggrung, di antaranya saponin, flavonoid, dan polifenol. Efek farmakologis yang dimiliki oleh anggrung adalah sebagai antidiare dan antispasmodik.

Khasiat

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya Bagian daun anggrung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

1. Batuk

Cuci bersih 10 g daun anggrung segar lalu rebus dengan 2-3 gelas air selama 25 menit. Setelah dingin, saring, buat menjadi 2 gelas, lalu minum saat pagi dan sore hari.Tambahkan jeruk nipis dan madu secukupnya saat minum ramuan ini.

2. Diare

Cuci bersih 8 g daun segar, campur dengan 2 gelas air, lalu rebus. Setelah 25 menit, saring, dan buat menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari di waktu pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.

3. Masuk angin, nyeri perut dan disentri

Cuci bersih 5 g akar, campur dengan 2 gelas air, lalu rebus. Setelah 25 menit, dinginkan rebusan, lalu saring dan buat menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari di waktu pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.

Gemuk itu sumber penyakit – info Cara diet cepat dan alami 5-15kg/60 hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *