Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Anting-anting

Anting-anting ( Acalypho oustrolis L.)

anting-anting anting-anting
Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tanaman ini biasanya tumbuh dengan rumput disekitarnya,bagi petani tanaman ini sebagai gulma yg merugikan,tapi tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal, tanaman ini didaerah Melayu digolongkan sebagai pohon kucing-kucingan.

Anting-anting memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Kandungan kimia tumbuhan ini belum banyak diketahui, tetapi kegunaan dari tumbuhan ini telah banyak diketahui dari pengalaman turun-temurun. Efek farmokologis yang dimiliki oleh anting-anting di antaranya antibiotik, antiradang, peluruh kencing, sebagai astringen, dan menghentikan pendarahan.

Khasiat

Seluruh bagian tumbuhan, balk dalam keadaan segar atau kering, dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Berak darah, mimisan, dan batuk

Cuci 30-60 g tumbuhan anting-anting kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

2. Disentri

Cuci bersih 30-6o g tumbuhan anting-anting kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum 2 kali sehari masingmasing 1/2 gelas. Lakukan secara teratur selama 5-10 hari

4. Diare dan muntah darah

Rebus 30-60 g tumbuhan kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan.Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

5. Pendarahan dan luka luar

Lumatkan herba anting-anting segar secukupnya lalu campurkan dengan gula pasir secukupnya. Tempelkan hasil lumatannya ke tempat luka.

Gemuk itu sumber penyakit – info Cara diet cepat dan alami 5-15kg/60 hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *