Cara Melangsingkan Tubuh Dengan Jogging

Jogging

Jogging yang benar

Tentu anda pernah mendengar kata “jogging”. Jogging merupakan latihan fisik yang gampang dilakukan. Selain tak memerlukan alat, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan hampir-harnpir tanpa biaya. Manfaatnya pun sangat besar – meningkatkan kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah serta menaikkan kadar kolesterol balk (HDL) dan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan tentu saja ini adalah salah satu cara melangsingkan tubuh secara alami.

jogging

Cara Mendapatkan Manfaat Jogging secara Optimal

Tapi semua manfaat itu hanya bisa Anda nikmati bila menerapkan aturan-aturan berikut:
1.Aturan pertama adalah mengatur ritme napas. Tubuh harus masih merasa nyaman saat menarik dan membuang napas Tidak ada rasa berat dan sampai tersengal. Perhatikan pule kecepatan Anda, yakni 6 sampai 8 kilometer per jam. Joging yang masih dalam zona intensitas sedang atau aerobik bisa dilinat dart kemampuan Anda untuk bercakap-cakap ketika sedang lari. Inilah yang membedakan joging dengan berlari dengan kecepatan lebih kencang.
2.Aturan kedua, perhatikan denyut nadi. Saat joging, jumlah denyut nadi sebanyak 64-76 persen dari denyut nadi maksimal. Cara mengetahui denyut nadi maksimal adalah dengan angka 220 dikurangi usia.
3.Aturan ketiga, supaya aktivitas joging Anda aman, lakukan peregangan selama 3-5 menit sebelum Anda mulai berlari. Kemudian lakukan pemanasan dengan jalan cepat – kecepatan jalan sekitar 5-6,5 kilometer per jam. Setelah itu. barulah Anda bisa mulai joging.
4.Aturan keempat. lakukan pendinginan setelah Anda selesai joging dengan jalan cepat selama 5 menit dan diakhiri dengan peregangan lagi.
5.Aturan kelima, agar manfaat joging bisa Anda nikmati secara maksimal, Anda harus melakukannya secara teratur. Latihan yang tepat dilakukan 150 menit per minggu. Anda bisa joging lima kali seminggu, masing-masing 30 menit. atau tiga kali seminggu dengan masing-masing 50 menit. Bila Anda baru mulai lagi joging setelah sekian lama tidak pernah melakukannya, mulailah dengan 1 menit joging. 7 menit jalan, selang-seling. Kemudian ditingkatkan menjadi 5 menit joging. 1 menit jalan.
6.Aturan keenam, karena aktivitas joging mengeluarkan banyak keringat, sebaiknya Anda berhenti sejenak setiap 15-20 menit untuk minum 200-250 cc air. Anda juga perlu minum cukup banyak air 30 menit sebelum joging dan setelahnya.

Mungkin anda setiap hari jogging, tapi mengapa berat badan anda tidak turun secara optimal. Padahal menu makanan sehat dan joging sudah anda lakukan setiap hari. Apakah karena gagal diet? Atau ada yang salah dengan mindset diet anda ? Coba anda telusuri dengan membaca info tentang cara diet berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *