Cara Mengobati Diabetes

Cara Mengobati Diabetes

Penyakit Tidak Menular (PTM) sudah menjadi masalah kesehatan masyarakat, balk di Indonesia maupun dunia. Salah satu PTM yang banyak menyita perhatian adalah Diabetes Melitus (DM).

cara mengobati diabetes

Diabetes merupakan ancaman serius bagi pembangunan kesehatan karena dapat menimbulkan :
•Kebutaan,
•Gagal ginjal,
•Kaki diabetes yang mengharuskan dilakukannya amputasi,
•Penyakit jantung serta
•Stroke.

Karena Diabetes ini sangat serius maka harus diperhatikan 4 hal berikut yang merupakan hambatan dalam rangka pengobatan diabetes. Diantaranya adalah :

Rendahnya pengetahuan akan pencegahan dan pengobatan diabetes.

•Ketidak-rataan penyediaan dan kebutuhan kesehatan.

•Terbatasnya sumber daya dalam sistem kesehatan publik

•Terbatasnya jumlah pasien yang mendapatkan pengobatan diabetes yang tepat.

Oleh karena itu, peningkatan angka orang yang terdiagnosis,terawat dan terkontrol diabetesnya sangat penting. Menurut laporan terbaru dari Novo Nordisk, Indonesia menjadi negara dengan tingkat penyakit diabetes terbesar kesepuIuh di dunia.

Saat ini terdapat 7,6 juta penduduk Indonesia mengidap diabetes, namun hanya 41% yang terdiagnosa, 39% yang menerima perawatan dan hanya 0.7% yang mencapai target pengobatan. Pada 2030, diperkirakan jumlah pengidap diabetes di Indonesia mencapai 11,8 juta,dengan pertumbuhan sebesar 6% per tahun, sejauh ini melebihi tingkat pertumbuhan populasi penduduk.

CARA MENGOBATI DIABETES TERUTAMA TIPE 2

Bukti ilmiah yang kuat berdasarkan penelitian di banyak Negara menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 dan komplikasinya dapat dikontrol hingga titik tertentu. Harus memprioritaskan pencegahan dini faktor risiko melalui usaha pencegahan, serta upaya penyembuhan dan rehabilitasi,

Seperti yang dilakukan Kementrian Kesehatan RI dengan melakukan monitoring dan deteksi dini faktor risiko DM di Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) PTM dan Implemetasi perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, Kelola stress).

Perkembangan komplikasi terkait diabetes dapat diperlambat atau bahkan dihindari secara bersamaan dengan dua langkah:
•Perubahan gaya hidup dan
•Intervensi obat-obatan.

Pengidap diabetes tipe 2 seringkali pada awalnya dapat menjaga kondisi mereka dengan lebih banyak berolah raga dan menjaga pola makan mereka.Jika kadar glukosa darah tidak dikontrol dengan perubahan gaya hidup, maka akan dilakukan pengobatan;dan jika pengobatan awal tidak cukup, maka insulin akan menjadi opsi pengobatan yang dianjurkan.Di Indonesia, hanya 0,7% pengidap diabetes yang mencapai target pengobatan mereka, dan perawatan insulin hanya didapat oleh satu dari delapan orang yang membutuhkannya. Ini harus ditingkatkan.

GEMUK – DIET dan DIABETES Tipe 2

Diabetes tipe 2 paling banyak diderita karena dari cara serta pola hidup yang salah. Perut adalah indikasi dari timbunan lemak yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab resistensi insulin. Sehingga gula darah tidak ada yang mengontrol. Akibatnya terlalu tingginya kadar “gula” dalam darah. Untuk itu pencegahan lebih baik. Jika anda mempunyai perut buncit yang Telah/Akan/Merasa menderita Diabetes. Segeralah hilangkan perut buncit anda dengan cara yang benar. Yaitu diet dan beraktifitas atau CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, Kelola stress).

Karena hal inilah yang menjadi akar terjadinya Diabetes yang akan menjadikan kesehatan tubuh cepat merosot. Diet dengan Terapi Nutrisi adalah diet yang alami karena selain nutrisi tubuh terpenuhi – kalori yang terkandung juga rendah. Dan ini adalah makanan yang dibutuhkan oleh penderita diabetes dalam diet harian mereka.

Makanan kaya nutrisi dan rendahkalori tidak akan membuat gula darah cepat naik, tetapi menjadi efisien. Disamping lemak tubuh yang terbakar leibh efisien, turun berat badan juga lebih cepat (karena semakin stabil kadar gula – proses pembakaran lemak tubuh menjadi energi menjadi semakin efektif).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *