Diet atkins

Diet atkins

Diet atkins adalah diet dengan merubah pola makan dengan menyeimbangkan antara protein dan karbohidrat sehat.

New Atkins Diet Revolution, diciptakan tahun 2002.Dimana pada diet Atkins menekankan pada pembatasan konsumsi karbohidrat sampai minimum pada fase Initial dan menambahkan menu karbohidrat lagi pada fase Induction (jenis karbohirat harus dipilih) setidaknya selama 2 minggu.

Apa itu diet Atkins?

Diet Atkins pada dasarnya adalah, jika anda tidak mengkonsumsi karbohidrat (makanan penghasil energi yang biasanya dipakai oleh tubuh).Tubuh dipaksa untuk membakar cadangan lemak sehingga bisa turun berat badan. Intinya adalah tidak mengkonsumsi semua makanan dari bahan tepung, gula, dan dari biji-bijian (beras dan gandum).

atkins diagram

 

Bagaimana Cara kerja diet Atkins?

Diet Atkins terbagi menjadi beberapa fase :

  • Fase 1, atau induksi (induction), dapat berlangsung selama 2 minggu sampai beberapa bulan
  • Fase 2, Atau fase penurunan berat badan, anda boleh menambahkan menu karbohidrat pada menu harian dengan makanan atioxidat tinggi (misalnya berries), kacang-kacangan, dan banyak sayur-sayuran.Tetapi karbo hanya boleh menambahkan 5 gram untuk menu harian (dari 20 gram menjadi 25 gram sehari) selama seminggu. Kemudian menjadi 30 gram untuk seminggu berikutnya, dan 35 gram untuk seminggu berikutnya demikian seterusnya.Sampai kapan menaikkan level gram dari karbohidrat ini ? Sampai anda melihat apakah berat badan anda turun berat badannya pelan atau bahkan berhenti. Jika berat badan anda sudah mendekati angka yang anda inginkan dan turun berat badan sangat pelan, anda dapat masuk ke fase 3 atau kembali tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali.
  • Fase 3, adalah fase sebelum perawatan (fase 4), Bila turun berat badan anda kurang dari 5 kg dari goal anda, anda bisa menambahkan karbohidrat sehat dalam menu harian anda, sambil memantau berat badan dan belajar untuk merawat dan mempertahankan berat badan anda.
  • Fase 4, adalah fase perawatan adalah fase perawatan seumur hidup dengan hanya konsumsi 100 gram karbohidrat dalam sehari

 

Kelebihan Diet Atkins

  • Mudah untuk dilakukan, Untuk orang yang mempunyai masalah berat badan, setiap jenis makanan adalah pertempuran. Dengan membatasi karbohidrat, pertempuran ini bisa dihindari.Konsumsi Protein adalah bagian penting, membuat tubuh bisa mengontrol untuk makan dalam jumlah berlebihan.
  • Anda tidak perlu menghitung berapa porsi yang anda makan. Dalam diet atkins konsumsi karbo sangat dibatasi, sehingga anda bisa makan jenis lain, dan jika masih lapar, anda dapat makan makanan lain dapam porsi yang kecil.Diet ini mudah untuk dilakukan, anda hanya fokus pada beberapa goup jenis makanan sehingga anda tidak merasa tertekan dan merasa sedang diet, karena anda bisa makan makanan apapun kecuali karbo.
  • Mengurangi karbohidrat sangat baik untuk kesehatan, meskipun berat badan anda belum turun.Pengurangan karbohidrat membantu pengaturan insulin oleh tubuh, dan memperlancar metabolisme tubuh.

 

Kekurangan Diet Atkins

  • Nutrisi yang anda konsumsi tidak seimbang. Diet yang menghilangkan semua jenis makanan (misalnya karbohidrat), membuat anda tidak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Penolakan akan jenis makanan terutama dari biji-bijian (beras, gandum) tidak akan baik untuk kesehatan anda, karena tubuh tidak akan terpenuhi dalam jumlah serat yang cukup. Meskipun anda mengkonsumsi serat dari suplemen serat.
  • Anda melewatkan Kalsium. Riset terakhir tentang hubungan antara kalsium dan metabolisme lemak, menunjukkan bahwa orang yang kecukupan kalsium 1200 mg/sehari – bisa mengontrol turun berat badan. Kalsium yang cukup di tubuh membuat metabolisme lemak di tubuh menjadi lebih baik, yang akan membantu mengurangi resiko osteoporosis, kanker usus, dan hiperhetensi serta PMS pada wanita. Supplement bagaimanapun tidak begitu efektif. Tidak seperti bahan – bahan alami, pada produk dari bahan susu, seperti susu, keju , dan yogurt.
  • Dapat membuat tubuh kekurangan cairan. Karbohidrat berfungsi menahan air di dalam tubuh, sehingga jika anda tidak makan karbohidrat, anda akan banyak kekurangan cairan. Ini akan meningkatkan kadar asam dalam darah yang bisa menyebabkan asam urat dan rematik, peningkatan kadar asam di urine dan menyebabkan ginjal dan liver bekerja terlalu keras. Dalam diet ini anda harus Banyak-Banyak minum air putih.

 

Diet Atkins : Efek jangka pendek dan jangka Panjang

Efek jangka pendek, turun berat badan akan sangat cepat. Anda membatasi makanan yang masuk tetapi anda tidak merasa lapar.

Efek jangka panjang (dengan makan karbo 60 – 100 gram / sehari ), Anda harus minum air putih yang banyak jika tidak inign terkena ginjal, dan anda akan menyadari bahwa turun berat badan itu mudah : “ jangan makan !”. Dan jika makan, jangan makan karbohidrat, dan jika harus makan karbo, pilih yang index glikemiknya rendah (tidak menyebabkan gula darah naik secara signifikan seperti pada nasi dan tepung putih – roti dll)

 

Apa Bedanya dengan Diet Herbalife ?

  • Diet Herbalife membatasi kalori pada tubuh supaya lemak tubuh bisa terbakar karena aktifitas anda
  • Diet Herbalife tidak akan membuat anda kekurangan nutrisi, Karena kansungan nutrisi Shake dan Multivitamin sudah sangat cukup buat tubuh
  • Diet Herbalife tidak membatasi makanan kesukaan anda, hanya memang porsinya porsi normal, bukan porsi luar biasa. Saat makan siang anda tetap bisa makan, makanan kesukaan anda.
  • Diet Herbalife tidak membatasi konsumsi nasi sampai 25 gram sehari. Pada diet Herbalife anda tetap bisa makan 1 porsi nasi normal
  • Diawal diet Herbalife anda memang akan kelaparan, karena tubuh menyesuaikan dari pasokan kalori tinggi setiap hari menjadi kalori yang jumlahnya hanya cukup untuk aktifitas setiap hari. Dan ini luar biasa besar. Sebagian besar orang dengan makan tidak terkontrol bisa makan 2500 – 3500 kalori setiap hari. Bila dibatasi hanya konsumsi 1500 kalori, tubuh akan berontak, disinilah tantangannya. Anda harus bisa menahan masa-masa awal diet Herbalfe (biasanya minim 7-30 hari, tergantung dari metabolisme masing-masing indiividu). Setelah tubuh terbiasa mengkonsumsi kalori yang cukup hanya untuk sehari, maka anda baru bisa menikmati diet herbalife dengan sedikit merasa lapar. (Lapar bisa diminimalisasi dengan Konsumsi Protein Powder dan Shake lagi).
  • Bila anda disiplin dalam 30 – 60 hari anda bisa turun 10 kg. dan bulan ke 3 sampai ke-6 turun lagi sekitar 5 -10 kg (ingat – ada masa plateu dimana berat badan tidak turun, tapi lingkar pinggang berkurang dan tidak bisa dipukul rata jika bulan 1 sd 2 anda turun 10 kg, bulan berikutnya bisa turun dengan kg yang sama )
  • Ambil contoh anda turun 20 kg dalam 6 bulan, bulan berikutnya anda bisa TANPA KOMSUMSI Herbalife dan hanya mengatur Pola makan saja. Bandingkan dengan Diet Atkins yang merupakan diet seumur hidup hanya konsumsi nasi 100 gram.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *