Kegemukan atau Obesitas -Artikel 12 – Pencegahan Obesitas

Kegemukan atau Obesitas -Artikel 12 – Pencegahan Obesitas

Meskipun anda beresiko menjadi obesitas, atau sudah dalam obesitas, ada beberapa langkah yang bisa anda ambil untuk mencegah dan menurunkan obesitas serta menurunkan resiko penyakit yang menyertai obesitas. Cara – cara berikut sudah anda kenal misalnya : olahraga setiap hari, makan makanan yang sehat, serta komitmen jangka panjang untuk mengawasi apa yang akan anda makan dan apa yang akan anda minum.

  • Olahraga secara teratur. Menurut The American College of Sports Medicine, anda perlu berolahraga dengan medium aktifitas selama 150 menit sampai dengan 250 menit setiap minggu untuk mencegah berat badan baik. Olahraga ini bisa berupa jalan cepat dan renang.
  • Makan makanan dan camilan yang sehat. Fokuslah pada makanan yang mengandung kalori rendah serta makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti sayur dan buah serta karbohidrat dengan kadar glikemik indeks rendah. Jauhi makanan yang digoreng, mengandung lemak tinggi serta alkohol.

    biasakan anak makan buah dan sayur

    biasakan anak makan buah dan sayur

  • Pelajari dan Ketahui makanan dengan perangkap kalori. Apa yang dimaksud disini adalah makanan yang sepertinya rendah kalori dan tidak mengenyangkan tapi ternyata mengandung kalori yang sangat tinggi. Misalnya Jus buah. Jus buah dengan gula mengandung tinggi kalori apalagi masih ditambahi dengan susu kental manis. Minuman bersoda memang menyegarkan tapi kalori yang ada bisa sangat tinggi dan anda tidak menyadari telah mengkonsumsi makanan dengan kalori yang sangat tinggi. Contoh lainnya adalah kentang goreng, enak – gurih dan renyah tapi mengandung kalori yang tinggi juga. Dan banyak makanan lain yang mengandung perangkap. Hati – hati dan selalu waspada. Ikuti link berikut untuk artikel cara membaca label makanan

    Label makanan - bagaimana cara membacanya ?

    Label makanan - bagaimana cara membacanya ?

  • Monitorlah berat anda dan rasakan perut anda. Berat badan bisa dimonitor dengan menimbang badan. Jangan terlalu sering timbang badan. Timbang badan 1x sebulan sudah cukup. Kenaikan berat badan bisa dirasakan dari perut (lingkar perut). Jika perut anda mulai merasa tidak nyaman memakai rok atau celana anda maka Anda harus waspada. Mulai jaga pola makan anda lagi. Perut sangat mudah menyimpan lemak perut. Perut yang mulai membesar bisa jadi ukuran bahwa anda harus mulai membatasi kalori yang anda makan.
  • Konsisten dan Disiplin. Dari semua macam diet, cara diet dan berapapun biaya yang anda keluarkan, yang paling penting adalah disiplin dalam pemilihan jenis makanan sehat serta aktifitas olahraga dan harian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *