Kegemukan atau Obesitas – Artikel 7 – Test dan Diagnosis Obesitas

Kegemukan atau Obesitas – Artikel 7 – Test dan Diagnosis Obesitas

Jika dokter / nutrisi diet anda telah menentukan bahwa anda memang positif obesitas, mereka akan menanyakan tentang riwayat kesehatan anda secara detail dan pemeriksaan kesehatan serta merekomendasikan beberapa test.

dokter dan pasien obesitas

Beberapa jenis test adalah :

  • Menanyakan tentang catatan sejarah kesehatan anda. Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan anda, apa saja yang telah dilakukan untuk turun berat badan, kebiasaan olahraga, pola makan, dan berbagai macam kondisi lain, seperti sedang ada pengobatan untuk sakit tertentu, level stress seseorang, dan berbagai macam keluhan kesehatan. Dokter juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan keluarga jika anda termasuk orang yang mudah gemuk karena faktor genetika.
  • Cek keluhan kesehatan yang lain. Jika anda mempunyai problem kesehatan, dokter akan meng-evaluasi problem tersebut.Dokter juga akan memeriksa kemungkinan adanya problem kesehatan lain melalui test lab, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Menghitung BMI anda. Dokter / konsultan diet anda akan memeriksa nilai BMI untuk menentukan kadar dan level dari obesitas anda.NIlai BMI akan digunakan untuk membantu menentukan cara perawatan yang lebih tepat.
  • Mengukur lingkar pinggang dan lingkar perut anda.Lemak disimpan disekitar perut, biasanya disebut sebagai visceral fat atau abdominal fat. Semakin banyak lemak yang disimpan semakin buncit anda, semakin tinggi memiliki resiko terkena penyakit diabetes dan jantung. Anda bisa membaca tentang artikel perut buncit di tautan ini.
  • Pemeriksaan Fisik secara umum. Hal ini meliputi, tinggi badan, tanda-tanda vital kesehatan seperti detak jantung, tekanan darah dan temperatur tubuh, suara dari jantung dan paru-paru.
  • Tes Darah. Test darah dilakukan sesuai dengan keluhan anda, seperti test kadar kolesterol, test fungsi liver, test gula darah, test kelenjar tiroid dan lain-lain. Dokter mungkin juga menganjurkan anda untuk test jantung dengan elektrocardiogram.

Mengumpulkan banyak informasi ini akan membantu anda dan dokter untuk menggambarkan seberapa berat obesitas anda dan seberapa banyak berat badan yang harus diturunkan berdasarkan semua faktor resiko kesehatan yang anda punyai. Hal ini akan membuat suatu kesimpulan yang tepat tentang perawatan dan cara yang yang terbaik untuk melakukan program diet anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *