Kegemukan atau Obesitas – Artikel 9 – Cara Menangani Obesitas Dengan Operasi

Kegemukan atau Obesitas – Artikel 9 – Cara Menangani Obesitas Dengan Operasi

Pada beberapa kasus, operasi yang juga dikenal dengan sebutan bariatric surgery, adalah satu-satunya opsi. Operasi untuk menurunkan berat badan menawarkan kemungkinan terbaik untuk turun berat dalam jumlah banyak., tetapi hal ini juga bisa menimbulkan resiko yang serius.Operasi penurunan berat badan @1-membatasi jumlah makanan yang dapat anda makan atau @2-mengurangi penyerapan dari makanan dan kalori

Operasi ini baru bisa dilakukan jika :

  • Anda mengalami extreme obesitas, dengan BMI 40 atau lebih tinggi
  • Jika angka BMI anda 35 sampai dengan 39.9 dan anda menderita penyakit karena komplikasi dari obesitas, misalnya diabetes dan tekanan darah tinggi.
  • Anda mempunyai komitmen untuk merubah gaya hidup anda dan memang diperlukan adanya operasi ini supaya komitmen anda tetap berajalan.
Operasi ini dapat menolong anda untuk kehilangan 50% bahkan lebih dari berat badan total anda. Tetapi operasi ini bukan mujizat untuk penyembuhan obesitas anda. Operasi ini tidak menjamin 100% bahwa setelah anda kehilangan berat badan anda begitu banyak maka berat badan yang anda dapat bisa bertahan selamanya. Hal ini tergantung dari komitmen anda untuk membuat perubahan jangka panjang dari pola makan, cara makan, serta kebiasaan olahraga anda.
Jika anda tetap makan banyak dan tidak terkontrol, ditambah dengan jarang olahraga, cara apapun yang anda lakukan untuk diet akan sia-sia, karena berat badan akan kembali seperti semula

Beberapa jenis operasi yang umum dilakukan adalah :

 

  • Gastric bypass surgery. Ini adalah operasi turun berat badan yang sangat favorit di Amerika karena hasil yang didapat relatif bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Pada Gastric bypass surgery, ahli bedah akan membuat suatu kantong kecil (stomach pouch) diperut bagian atas dan menghubungkan langsung ke usus , melewati sebagian besar sistem pencernakan dan usus 12 jari.Karena kantongnya sangat kecil untuk menampung makanan dalam jumlah banyak, maka anda tidak akan bisa makan banyak. Selain itu karena melewati usus 12 jari, maka penyerapan lemak oleh tubuh menjadi sangat sedikit. Inilah yang membuat berat badan turun dengan cepat.
Gastrik Bypass Surgery adalah - Baca Penjelasan disini

 

  • Laparoscopic adjustable gastric banding (LAGB). Pada prosedur ini, lambung akan dibagi menjadi 2 bagian dengan menyelipkan semacam sabuk, ahli bedak akan membuat lubang kecil diantara 2 kantong.Tali / sabuk tersebut biasanya didesign untuk permanen. LAGB populer karena resikonya rendah, turun berat badan lebih stabil dan “sabuk” tersebut dapat di setting (diperbesar atau diperkecil) jika diperlukan. Cara ini juga tidak akan berhasil dengan sukses, jika perilaku makan anda tidak anda rubah.Cara ini dugunakan untuk orang dengan BMI 30 sampai dengan 34 dan mempunyai keluhan kesehatan karena obesitasnya.
MIS-General-Surgery-Gastric-BalloonMIS-General-Surgery-Gastric-Balloon

 

  • Gastric sleeve. Pada cara ini, sebagian dari lambung dibuang, membuat lambung menjadi kecil.
Gastric-Sleeve-final

 

  • Biliopancreatic diversion with duodenal switch. Pada prosedur ini, hampir sebagian besar dari lambung dibuang. Cara ini menawarkan turun berat badan yang stabil dan terus menerus. Tetapi cara ini beresiko besar kurangnya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Prosedur ini membutuhkan pengawasan extra ketat untuk memantau perubahan kesehatan yang bisa terjadi. Cara ini digunakan untuk orang dengan BMI 50 atau lebih.
gastric_switch

 

Mencegah Berat badan naik kembali sesudah turun

Sayangnya, yang terjadi setelah turun berat badan adalah kembali naiknya berat badan. Tetapi hal ini bukan berarti diet anda gagal.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah berat badan naik kembali adalah dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur.Motivasi anda untuk berolahraga dan beraktifitas setelah anda langsing tetap harus terjaga.

Anda harus tetap menjaga dan waspada terhadap berat badan anda. Kombinasi antara diet yang sehat dan aktifitas rutin dan olahraga setiap hari adalah cara terbaik untuk langsing dan mempertahankan berat badan yang sudah anda dapat dengan susah payah.

Cari jenis olahraga dan aktifitas yang “enjoy” anda lakukan untuk jangka panjang. Dan pilih jenis makanan sehat yang benar-benar anda sukai bukan karena terpaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *