The DASH Diet – Diet untuk menurunkan Tekanan Darah atau Hipertensi

The DASH Diet – Diet untuk menurunkan Tekanan Darah atau Hipertensi

DASH Diet ( Dietary Approaches to Stop Hipertension Diet) diciptakan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Makanan diet yang diijinkan adalah makanan yang fokus pada buah-buahan, sayur, produk dari bahan susu yang rendah lemak, biji-bjiian, ikan dan kacang-kacang an. Diet ini harus rendah kadar garam untuk mencegah penggunanya terkena hipertensi. Berdasarkan perhitungan kesehatan.Garam yang dijinkan adalah 1500 sd 2300 mg per hari.

Berikut ini adalah nutrisi harian untuk Diet DASH :

  • Lemak total = 27% dari kalori total harian
  • Lemak jenuh = 6 % dari kalori total harian
  • Protein = 18% dari kalori total harian
  • Karbohidrat = 55% dari kalori total harian
  • Serat = 30 gram

Menu dan Berapa kali penyajian bisa dilihat pada tabel dibawah :

Type of food

Number of servings for 1600 – 3100 Calorie diets Servings on a 2000 Calorie diet

Grains and grain products

(include at least 3 whole grain foods each day)

6 – 12

7 – 8

Fruits

4 – 6

4 – 5

Vegetables

4 – 6

4 – 5

Low fat or non fat dairy foods

2 – 4

2 – 3

Lean meats, fish, poultry

1.5 – 2.5

2 or less

Nuts, seeds, and legumes

3 – 6 per week

4 – 5 per week

Fats and sweets

2 – 4

limited

 

Cara kerja The DASH Diet (TDD)

Berdasarkan cara menurunkan berat badan, anda dapat menentukan sendiri kalori dalam sehari , bisa 1600 / 2000 / 2600 / atau 3100 kalori. Orang yang ingin menurunkan berat badan harus mencampur antara diet dengan latiihan untuk mencegah hipertensi, seperti lebih banyak olahraga, menurunkan berat badan (jika gemuk) dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Cara kerja TDD dengan cara membatasi tidak hanya garam, tetapi juga lemak jenuh dan kolesterol. Lemak jenuh dan kolosterol mempunyai kontribusi yang sama sebagai penyebab sakit jantung. Tetapi untuk serat, protein dan nutrisi harus dinaikkan untuk membantu tekanan darah tetap rendah.

Kelebihan The Dash Diet

The Dash Diet direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan tekanan darahnya, dan juga bagi mereka yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

Ada beberapa kelebihan dari TDD ini :

  • Lebih lama untuk di ikuti dan tidak membuat bosan
  • Kegunaan dalam kesehatan, mereka yang melakukan diet ini tekanan darahnya akan turun, dan bonusnya adalah kadar kolesterol juga menurun
  • Nutrisi pada diet TDD lebih bagus nutrisinya karena diet ini fokus pada pemilihan makanan yang segar dan sehat, sehingga akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol

 

Kekurangan dari TDD :

Diet dengan cara ini tidak menunjukkan turun berat badan yang berarti. Hal ini wajar, karena diet ini bukan dirancang untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Tetapi lebih pada menawarkan cara pemilihan makanan sehat yang lebih baik dengan jumlah kalori yang tepat pada setiap jenis makanan.

Seperti pada The Best Life Diet , The Dash diet adalah diet yang alami, dan penurunan berat badan akan berlangsung pelan tapi pasti, sehingga cara ini bisa di ikuti oleh anda yang obesitas yang ingin menurunkan berat badan dengan hasil pelan, pasti dan memuaskan.

Mengapa memuaskan ? Diet dengan penurunan berat badan tidak terlalu cepat, membuat tubuh dan sistem pencernakan dan hormonal lebih sinkron kerjanya sehingga bila anda mencapai berat badan yang anda inginkan, kemungkinan naik berat badan dengan cepat adalah kecil, disamping itu karena sudah terbiasa mengatur pola makan, cara makan, dan pilihan makanan yang sehat anda tidak akan merasa terbebani “sedang diet”, tapi sedang melakukan pola hidup sehat. Jadi anda akan turun berat badan dan anda tidak akan merasakan bahwa anda sedang diet.

Pada kenyataannya konsumsi serat dalam jumlah yang direkomendasilkan tidak banyak orang yang suka.Oleh karena itu penambahan fiber pada makanan lain tetap diperlukan seperti pada buah, sayur dan biji-bijian.

 

Untuk cara diet dengan Herbalife [klik Link berikut ]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *